Jumat, 27 Februari 2015

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. komputer digunakan orang untuk hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. yang menjadi pemroses data atau memecah masalah itu merupakan perangkat lunak.
bentuk terkecil ari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program.

gambar.1 tingkat pemroses.
tingkat pemroses yang dikerjakan software pun dari machine like, mulai berubah seperti human like. Didalam teori informasi, mulai dari data / fakta, setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi suatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan alur logika tertentu menjadi knowledge dan pada akhirnya gabungan knowledge  yang digabung dari berbagai sisi guna membangun widsom.
data yang diprosespun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual.
Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh menggunakan format data digital dengan satuan bit.

Perkembangan Pembuatan Software

Bentuk paling primitif dari software, menggunakan aljaber boolean, yang direpresentasikan sebagai bit. yaitu 1 (benar) atau 0(salah). bit dikelompokkan  menjadi nible (4bit), byte(8bit), word(2bit), doubleword(32bit).
Evolusi Software
1. Era Pioner 
Bentuk software pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer.
2. Era Stabil
penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya kalangan peneliti dan akademik saja, tetapi juga oleh kalangan industri/ pabrik. Perusahaaan software bermunculan dan sebuah perangkat lunak mulai bergeser menjadi beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Klasifikasi Perangkat Lunak
software secara umum dibagi menjadi 2 yaitu software sistem dan software aplikasi.
software sistem dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Bahasa pemrograman 
 merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
2.Sistem Operasi
merupakan sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada diantara program aplikasi dan perangkat keras.

3. Utility
adalah  sistem operasi yang merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu.

Sistem Operasi
 Sistem Operasimerupakan sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada diantara program aplikasi dan perangkat keras.
Kedudukan Sistem operasi dalam komputer berkedudukan sebagai penghubung antara software dan hardware. Maksudnya, manusia berinteraksi dengan komputer melalui sistem operasi yang ada.    

Sasaransistem operasi
a)  Kenyamanan : Sistem operasi harus membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman.
b) Efisiensi : Sistem operasi menjadikan penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien.
c)  Mampu Berevolusi : Sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, penguji dan pengajuan fungi-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan sistem komputer.
Aplikasi  Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain 
penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu 
gambar, suara  dan film.
Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi Multimedia 
umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan
untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.
gambar player suara musik.
gambar player film.
Format-format digital multimedia 
1. MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
2. MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
3. MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
4. AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint.
5.Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
Aplikasi Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :
1. HTTP (Hypertext Transfer protocol)
merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. Contoh:
gambar browse internet explorer dan netscape.
2.E-mail (Electronic mail)
merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki alamat E-mail dan saling bertukar dokumensatu sama lain. contoh: Outlook Exspress
gambar outlool exspress.
3. Messenger
 digunakan untuk berkomunikasi antar satu orang atau lebih, selain melalui teks, juga bisa berupa suara, maupun film.
gambar yahoo messenger.

Referensi : ivan@wiraekabhakti.co.id ,  IlmuKomputer.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar