bentuk terkecil ari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program.
gambar.1 tingkat pemroses.
tingkat pemroses yang dikerjakan software pun dari machine like, mulai
berubah seperti human like. Didalam teori informasi, mulai dari data /
fakta, setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi suatu yang berguna
menjadi informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan alur
logika tertentu menjadi knowledge dan pada akhirnya gabungan knowledge yang digabung dari berbagai sisi guna membangun widsom.
data yang diprosespun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual.
Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh menggunakan format data digital dengan satuan bit.
Perkembangan Pembuatan Software
Bentuk paling primitif dari software, menggunakan aljaber boolean, yang direpresentasikan sebagai bit. yaitu 1 (benar) atau 0(salah). bit dikelompokkan menjadi nible (4bit), byte(8bit), word(2bit), doubleword(32bit).
Perkembangan Pembuatan Software
Bentuk paling primitif dari software, menggunakan aljaber boolean, yang direpresentasikan sebagai bit. yaitu 1 (benar) atau 0(salah). bit dikelompokkan menjadi nible (4bit), byte(8bit), word(2bit), doubleword(32bit).
Evolusi Software
1. Era Pioner
Bentuk software pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer.
2. Era Stabil
penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya kalangan
peneliti dan akademik saja, tetapi juga oleh kalangan industri/ pabrik.
Perusahaaan software bermunculan dan sebuah perangkat lunak mulai
bergeser menjadi beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak menjadi
sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan
oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses
yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak
mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung
(real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang
memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini,
perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang
bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan
secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis
kecerdasan buatan.
4.Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada
sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun
telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan
PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga
ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap
peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling
terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan
segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan
beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam
perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat
lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak
sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Klasifikasi Perangkat Lunak
software secara umum dibagi menjadi 2 yaitu software sistem dan software aplikasi.
software sistem dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Bahasa pemrograman
merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang
dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya :
BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
2.Sistem Operasi
merupakan sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada diantara
program aplikasi dan perangkat keras.
3. Utility
adalah sistem operasi yang merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu.
Sistem Operasi
Sistem Operasimerupakan sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada diantara
program aplikasi dan perangkat keras. Kedudukan Sistem operasi dalam komputer berkedudukan sebagai penghubung antara software dan hardware. Maksudnya, manusia berinteraksi dengan komputer melalui sistem operasi yang ada.
Sasaransistem operasi
a) Kenyamanan : Sistem operasi harus membuat
penggunaan komputer menjadi lebih nyaman.
b) Efisiensi : Sistem operasi menjadikan
penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien.
c) Mampu Berevolusi : Sistem operasi harus dibangun
sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, penguji dan pengajuan
fungi-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan sistem
komputer.
Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain
penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu
gambar, suara dan film.
Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi Multimedia
umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan
untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.
gambar player suara musik.
gambar player film.
Format-format digital multimedia
1. MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen
ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik
seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak
dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan
dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik)
sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat
musik.
2. MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang
hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya.
Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas
yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2
KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas
seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
3. MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun
oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
4. AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan
mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti
Word atau PowerPoint.
5.Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer
berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan
tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan
besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media
penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
Aplikasi Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan
aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan
untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang
berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi
penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet
dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :
1. HTTP (Hypertext Transfer protocol)
merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar,
dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari
hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke
dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http
di kenal sebagai browser. Contoh:
gambar browse internet explorer dan netscape.
2.E-mail (Electronic mail)
merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki
alamat E-mail dan saling bertukar dokumensatu sama lain. contoh: Outlook
Exspress
gambar outlool exspress.
3. Messenger
digunakan untuk berkomunikasi antar satu orang atau lebih, selain melalui teks, juga bisa berupa suara, maupun film.
gambar yahoo messenger.
Referensi : ivan@wiraekabhakti.co.id , IlmuKomputer.Com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar